Keputusan hasil sidang isbat 2013 1 Rhamadhan 1434

Keputusan hasil sidang isbat 2013 1 Rhamadhan 1434 tiba pada hari Rabu 10 Juli 2013.
=========================================================================
Pemerintah menetapkan awal puasa 1 Ramadhan 1434 H di Indonesia jatuh pada hari Rabu (10/7). Penetapan ini dilakukan melalui sidang isbat yang dilakukan malam ini (8 Juli) dengan dihadiri perwakilan dari ormas Islam, MUI, dan ahli astronomi.

Namun, keputusan ini bentrok dengan jadwal puasa yang ditetapkan Muhammadiyah. Salah satu ormas besar di Indonesia ini telah mengumumkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa (8/7). Artinya, Muhammadiyah menetapkan esok hari merupakan hari pertama puasa. Dengan demikian, sebagian warga muslim Indonesia akan ada yang tidak sama dalam memulai hari pertama puasa.

“Jadi perbedaan itu sebetulnya tidak bisa dihindari, tetapi manakala pemerintah sudah memutuskan dan menetapkan, hendaknya semua pihak patuh pada hasil keputusan itu,” kata Suryadharma Ali, Menteri Agama Republik Indonesia, seperti dikutip Eramuslim.

Senada dengan keputusan Menteri Agama, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) juga menentukan awal  Ramadhan tahun ini bertepatan dengan hari Rabu (10/7). Dari 33 titik pengamatan hilal yang dipersiapkan oleh Lapan, semuanya tidak mendapati adanya penampakan bulan sabit. Posisi hilal kurang dari 1 derajat saat ini. Sementara menurut ketentuan yang berlaku dalam pengamatan ini, posisi hilal harus berada di atas 2 derajat agar bisa dilihat.

Kapan pun hari dimulainya puasa Ramadhan, jangan sampai perbedaan penetapan 1 Ramadhan berujung pada kebingungan. Pilih menurut keyakinan Anda dari pendapat yang ada, yang paling meyakinkan ditinjau dari hukum Islam. Selamat berpuasa.
=========================================================================
#Ref : http://sidomi.com/200359/hasil-sidang-isbat-1-ramadhan-1434-h-jatuh-pada-10-juli-2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keputusan hasil sidang isbat 2013 1 Rhamadhan 1434"

Post a Comment